Perguruan Tinggi Swasta (PTS) Masih Jadi Anak Tiri di Negara Ini

Sharing for Empowerment

Abdul Fikri Faqih juga sampaikan upaya-upaya PTS untuk meningkatkan sarana dan prasarana, mutu dosen, mutu lulusan harus dapat didukung oleh pemerintah. Tantangan bagi PTS adalah bagaimana seluruh proses pendidikan dijamin dengan manajemen mutu yang baik.

“Perguruan tinggi selain perlu didukung melalui penelusuran bakat dan minat sejak dini, yang paling penting adalah dorongan agar PTS dapat mengembangkan diri menjadi universitas riset untuk menghasilkan jurnal, paten dan HAKI,” ujar Abdul Fikri Faqih.

“Dalam rangka memenuhi tuntutan SDM tersebut maka dunia pendidikan, terutama pendidikan tinggi, dituntut dapat menjamin mutu dan kualitas pendidikan tinggi, tujuannya untuk menyiapkan SDM yang berpengetahuan dan trampil, berkarakter, bermoral dan bermental kuat, peduli serta bertanggungjawab,” ujarnya.

Sementara itu, anggota Komisi X DPR RI Zainuddin Maliki meminta pemerintah untuk mengevaluasi kembali kebijakan tentang akreditasi. Hal ini mengingat adanya keluhan dari universitas terkait akreditasi program studi yang kini beralih dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) menjadi ke Lembaga Akreditasi Mandiri (LAM-PT). Diketahui, kini BAN-PT hanya melakukan akreditasi pada institusi perguruan tinggi, bukan program studi.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*