Wartawan Profesi Paling Tidak Dipercaya? Mahasiswa Jurnalistik Jangan Sedih, Ini Solusinya

Sharing for Empowerment

Bagaimana sebaiknya wartawan mengatasi hal ini? Julia Angwin, pendiri The Markup, sebuah situs berita yang menekuni akuntabilitas data, membeberkan pemikirannya, dalam surat perpisahannya setelah lima tahun di institusi yang didirikannya itu. Pemikirannya dibagikan kembali oleh Nieman Journalist Lab, sebuah lembaga pemikir Jurnalisme yang disponsori oleh Nieman Foundation di Universitas Harvard.

Angwin merumuskan pandangannya dalam 10 poin. Di sini hanya beberapa yang paling relevan dengan upaya membangun kepercayaan pembaca yang disajikan. Salah satunya tentang perlunya wartawan menjelaskan kepada pembaca metode kerja yang mereka pakai.

“Wartawan memiliki masalah kepercayaan. Sekarang semua orang di dunia dapat menebitkan (berita),  jurnalis harus bekerja lebih keras untuk membuktikan bahwa cara kerja mereka dalam menemukan kebenaran adalah versi yang paling kredibel,” kata dia.

Menurut dia, dengan mengungkapkan bagaimana metode  dan bukan hanya hasilnya, dapat membangun kepercayaan pembaca sekaligus meningkatkan jumlah pembaca.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*