Minat Melanjutkan Studi ke Luar Negeri Kian Meningkat, Kalau Kamu Gimana?

Kuliah luar negeri. (kalderanews.com)
Kuliah luar negeri. (kalderanews.com)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Minat generasi muda untuk melanjutkan studi ke luar negeri semakin meningkat. Peluang meraih beasiswa juga makin beragam.

Data Kemendikbudristek mencatat, tren usia mahasiswa yang melamar untuk mendapatkan beasiswa pendidikan doktor (S3) ke luar negeri semakin muda.

Pada tahun 2022, rata-rata usia pelamar adalah 33 tahun atau sekitar tujuh tahun lebih muda daripada rata-rata usia pada 12 tahun lalu.

BACA JUGA:

“Jadi Indonesia akan semakin optimistis untuk menatap masa depan karena generasi mudanya semakin muda yang sekolah sampai ke jenjang tertinggi atau jenjang doktoral,” kata Kepala Balai Pembiayaan Kemendikbudristek, Anton Rahmadi.

Jadi masyarakat dunia

Selain melalui Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP), pemerintah juga menyediakan program beasiswa studi dalam dan luar negeri lainnya.

Ada Beasiswa Indonesia Maju (BIM), beasiswa untuk calon dosen perguruan tinggi (S2), calon guru SMK (S1), dosen pendidikan profesi guru, dosen pendidikan tinggi (S3), dosen pendidikan akademik dan vokasi (S3), pelaku budaya (S1 hingga S3), serta untuk pendidik dan tenaga kependidikan (S2 hingga S3).




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*