Pelajar di Tiongkok, Keluar dari Mulut Corona, Masuk ke Mulut Gaokao

Ilustrasi: Para pelajar di Tiongkok mengikuti ujian Gaokao. (Ist.)
Ilustrasi: Para pelajar di Tiongkok mengikuti ujian Gaokao. (Ist.)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com –  Selama lockdown, para pelajar di Tiongkok melakukan proses belajar di rumah. Aktivitas ini dijalaninya selama lebih dari tiga bulan terakhir. Tentu itu menjadi hal yang tidak mudah.

Dan kini, setelah pandemi covid-19 sudah mulai mereda, para pelajar di Tiongkok mesti menghadapi “ujian” lagi. Terutama mereka yang hendak melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi. Mereka harus menyiapkan diri menghadapi Gaokao.

BACA JUGA:

Gaokao merupakan ujian masuk ke perguruan tinggi di Tiongkok. Prosesi Gaokao ini akan berlangsung 9 jam selama 2 hari dan mencakup empat mata pelajaran, seperti Matematika, Bahasa Inggris, Sains (Fisika, Kimia, dan Biologi), dan Ilmu Sosial (Politik, Sejarah, dan Geografi).

Mereka harus berlomba meraih nilai tinggi dalam ujian agar bisa masuk ke universitas-universitas top di Tiongkok. Jika mereka memiliki nilai Gaokao yang tinggi, maka akan membantu mengamankan masa depannya.

Ujian Gaokao akan dilaksanakan pada 7- 8 Juli 2020 mendatang. Berdasarkan keterangan dari kantor berita resmi Xinhua, siswa senior di SMA dari sejumlah provinsi telah kembali bersekolah. Sementara siswa di Beijing, Shanghai, Guangdong, dan Hubei masih menunggu untuk kembali ke sekolah dan masih tetap belajar secara online.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*