Lakukan Hal Ini Agar Baterai Smartphonemu Lebih Awet




main game sambil mengisi daya
Ilutrasi: bermain game sembari mengisi daya terus menerus dapat memperpendek umur baterai(KalderaNews/Lukmanaziz, shutterstock)

JAKARTA, KalderaNews.com – Makin beragamnya smartphone di pasaran dengan kapasitas baterai yang lebih besar membuat konsumen semakin dimanjakan dengan daya tahan yang semakin lama.

Namun akan sia-sia, jika kita tidak pandai dalam merawat serta mengatur perilaku kita dalam menggunakan smartphone.

BACA JUGA:

Untukmu yang doyan banget main smartphone, perhatikan hal berikut agar baterai smartphone yang kamu sayang lebih tahan lama.

  • Jangan mengisi daya dan memakai smartphone secara bersamaan
    Baterai smartphone saat diisi dayanya mengalami kenaikan suhu. Jika kamu mengisi daya smartphonemu sambil bermain, itu akan mengurangi level kesehatan bateraimu.
  • Jangan membiarkan smartphone mengisi daya jika baterai sudah penuh
    Jika baterai sudah penuh, segera lepaskan smartphone dari charger. Daya yang terus mengalir ke baterai mengakibatkan baterai rusak atau bahkan bisa terjadi konslet dan ledakan
  • Gunakan pengisi daya yang sesuai dengan spesifikasi pabrik
    Setiap smartphone pasti dibekali dengan pengisi daya pabrik. Maka, gunakanlah sesuai mestinya. Pabrikan sudah mengukur daya yang diperlukan oleh baterai smartphone untuk isi ulang.
  • Hindari membeli pengisi daya abal-abal
    Jika ingin membeli pengisi daya untuk smartphone di luar pabrikan maka carilah pengisi daya dengan spesifikasi yang sama dengan pengisi daya pabrikan. Jangan lupa, perhatikan keaslian dan garansi pengisi daya pihak ketiga agar terjamin kualitasnya.
  • Hindari memforsir daya baterai terlalu sering
    Gunakan smartphone sesuai dengan kebutuhan. Jangan terlalu memforsir smartphone untuk bermain game terlalu lama. Menggunakan smartphone dengan intensitas waktu lama membuat baterai cepat panas hingga lebih cepat kehabisan daya.

Sekecil apa pun perubahan perilaku kita dalam menggunakan smartphone akan memperpanjang umur penggunaannya. (FH)

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*