ITS Sabet Prestasi Internasional di Rusia




Mahasiswa ITS, Tita Oxa Anggrea dan Frankstein Arphan berhasil menyabet juara pertama pada dua cabang lomba sekaligus di ajang Oil and Gas Horizons XI di Moskow, Rusia. (Dok. ITS)
Mahasiswa ITS, Tita Oxa Anggrea dan Frankstein Arphan berhasil menyabet juara pertama pada dua cabang lomba sekaligus di ajang Oil and Gas Horizons XI di Moskow, Rusia. (Dok. ITS)

MOSKOW, KalderaNews.com – Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya kembali berkibar di kancah internasional. Dua mahasiswa ITS, Tita Oxa Anggrea dan Frankstein Arphan berhasil menyabet juara pertama pada dua cabang lomba sekaligus di ajang Oil and Gas Horizons XI di Moskow, Rusia, 18-24 November lalu. Mereka meraih juara 1 untuk Paper Competition pada ajang lomba yang digelar Society Petroleum Engineer (SPE) Gubkin University, Rusia. Mereka tak hanya bersaing dengan para mahasiswa, tapi juga para kandidat doktor.

BACA JUGA:

Kegiatan ini diikuti peserta dari 18 negara Uni Eropa dan Amerika, seperti Rusia, Polandia, Swiss, Ukraina, Belgia, Jerman, Spanyol, Italia, Turki, Brasil, dan yang lain. Selain meraih gelar juara di cabang lomba paper, Ocha dan Frankstein juga berhasil mengantongi gelar juara 1 untuk Petroolympic Case Study Competition.

Mereka mengusung ide yang bermula dari upaya pemanfaatan lapisan tipis pada lapisan penyimpan cadangan minyak yang begitu penting keberadaannya. Lapisan dengan ketebalan hanya 0.1 – 1 feets ini sering diabaikan. Padahal jika dikelola dapat memberikan profit hingga 4 juta USD setiap satu sumur pengeboran.

Ide tersebut lantas dibawa ke Pertamina Hulu Energi untuk diteliti. Mereka dibantu Ahmad Nahjwal dan Adi Gunawan, eksplorator dari Pertamina. Alhasil, penelitian mereka membuahkan hasil positif yang bisa menjadi acuan untuk memproduksi lapisan tersebut. Riset ini pun mendapat penghargaan dari perusahaan minyak dan gas di Rusia, serta pengakuan dari para akademisi di Gubkin University. (yp)

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*