Ya Ampun, Begini Ini To Susahnya Nyari Indekos di Belanda!

Beberapa mahasiswa Indonesia yang sedang kuliah di Belanda bersama tim KalderaNews. Foto diambil di halaman Vrije Universiteit Amsterdam
Beberapa mahasiswa Indonesia yang sedang kuliah di Belanda bersama tim KalderaNews. Foto diambil di halaman Vrije Universiteit Amsterdam (KalderaNews/Fajar H)
Sharing for Empowerment

DEN HAAG, KalderaNews.com – Jika kita menjadi mahasiswa rantau di Negeri Kincir Angin, housing atau bahasa kecenya indekos itu termasuk kebutuhan utama yang harus dipikirkan jauh-jauh hari. Urusan housing ini kudu mendapat perhatian khusus.

Karena prosedur yang cukup rumit, mahasiswa Indonesia sebaiknya sudah menyiapkan housing sebelum tiba di Belanda. Jika tidak, urusannya akan berabe. Apalagi jika tidak dipersiapkan secara matang, urusannya akan kemana-mana. Siapa pun tentu tidak mau punya masalah, apalagi di negeri orang kan!

BACA JUGA:

Nah, saat KalderaNews bertemu mahasiswa Indonesia di Vrije Universiteit Amsterdam (VU) pada Jumat, 16 November 2018, mereka banyak yang curhat tentang housing ini, masalah yang kerap mendera dan menyita waktu. Saat itu KalderaNews yang sedang di Belanda dalam rangka “KalderaNews Jelajah Negeri Kincir Angin 2018” yang diprakarsai oleh Nuffic Neso Indonesia.

Ahmad Dzulfikar, mahasiswa PhD Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial Vrije Universiteit (VU) mengatakan housing ini sangat kompetitif dan tidak bisa menyewa langsung ke ownernya, namun melalui makelar atau pihak ketiga yang resmi. Karena itu, mahasiswa asal Makassar ini pernah merasakan sulitnya mendapatkan housing yang memang sesuai dengan keinginannya.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*