Kapan Ya Bahasa Indonesia Jadi Bahasa Internasional? Ini Misi Besar

Seminar Internasional Kebahasaan
Seminar Internasional Kebahasaan “Memajukan Peran Bahasa dalam Kancah Kontemporer Bahasa Indonesia: Penguatan Strategi dan Diplomasi Kebahasaan di Berbagai Bidang” digelar di Jakarta, 9—12 Juli 2019 (KalderaNews/Kemendikbud)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Seminar Internasional Kebahasaan “Memajukan Peran Bahasa dalam Kancah Kontemporer Bahasa Indonesia: Penguatan Strategi dan Diplomasi Kebahasaan di Berbagai Bidang” digelar di Jakarta, 9—12 Juli 2019.

Seminar dengan empat subtema, yaitu Kebinekaan Bahasa, Bahasa dan Pengajaran, Penerjemahan, dan Forensik Kebahasaan ini diselenggarakan oleh Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Pusat Pengembangan Strategi dan Diplomasi Kebahasaan (PPSDK).

Kepala Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan, Dadang Sunendar menyampaikan bahwa perencanaan menyeluruh dari berbagai program kebahasaan yang ada saat ini sangat diperlukan. Dalam pembahasan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024, kebijakan trigatra bangun bahasa, yakni pengutamaan bahasa negara, pelestarian bahasa daerah, dan penguasaan bahasa asing, menjadi semakin kuat.

BACA JUGA:

“Dalam pembahasan juga disebutkan pengutamaan bahasa Indonesia di dalam maupun di luar negeri,” disampaikan Dadang Sunendar dalam sambutannya.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*