Bocoran Program Pendidikan Kreatif dan Inovatif 3D’sE di Sekolah PENABUR

Sharing for Empowerment

Design
Setelah melakukan tahap discover maka pada tahap ini merumuskan secara detail sebagai tanda pemahaman yang dalam dan luas tentang topik atau tema yang sedang dipelajari. Contoh kegiatan dalam tahap ini misalnya peserta didik membuat design dalam bentuk gambar dan mendeskripsikannya dalam bentuk tulisan tentang karya yang akan dibuatnya, jika peserta didik belum mampu menulis bisa dibantu oleh guru.

Do
Selajutnya melakukan aksi proyek yang telah dirumuskan serta dikomunikasikan hal-hal yang sudah dilakukan terkait dengan produk dan jasa yang dihasilkan. Peserta didik melakukan/menunjukan karya yang telah dihasilkan dalam satu event tertentu deng mengundang orangtua dan mendukomentasikan. Contoh kegiatan pada tahap ini, misalnya membuat sate buah, merangkai bunga, membuat jus, dan lain-lainnya.

Evaluate
Peserta didik membuat kesimpulan atas proyek pembelajaran yang telah dilakukan, serta melakukan refleksi. Pada tahan ini peserta didik menceritakan pengalaman pada saat tahap Design dan Do. Peserta didik menceritakan kendala yang dihadapi dan guru menanyakan tentang inovasi atau ide lain yang akan ditambahkan atau diperbaiki dari karya yang telah dibuatnya.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*