Kisah Claudia Emanuela Santoso Gagal Tes Masuk Perguruan Tinggi di Jerman

Claudia Emanuela Santoso
Claudia Emanuela Santoso (KalderaNews/IG: @audi_emmanuela)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Kuliah di Jerman itu tidak mudah. Ini dialami Claudia Emanuela Santoso yang lagi viral setelah tampil di audisi ajang pencarian bakat The Voice di Jerman.

Di balik kesuksesannya membuat para juri terkesima, gadis lulusan SMAK BPK Penabur Cirebon yang datang ke Jerman untuk studi harus menelan kekecewaan karena gagal mengikuti tes masuk perguruan tinggi di musim panas semester lalu. Karena itu, ia baru boleh mengikuti ujian ulang lagi di semester musim dingin.

Begitulah, untuk siswa dari Indonesia yang hendak kuliah di Jerman memang tidak bisa langsung masuk universitas dan harus mengikuti Studienkolleg (sekolah penyetaraan).

BACA JUGA:

Awalnya Audi ingin kuliah di jurusan musik atau food technology, tetapi akhirnya ia tertarik dengan company business atau communication. Ia ingin masuk di salah satu universitas di Jerman jurusan communication science.

Nah, di sela-sela aktivitasnya masuk kuliah di Jerman itulah ia ikut dalam ajang The Voice of German pada 12 September 2019 lalu. Ia membawakan lagu “Never Enough” yang merupakan soundtrack film The Greatest Showman.




1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*