7 Alasan Mengapa Cerita Kriminal Paling Banyak Dibaca di Masa Pandemi Covid-19

Sharing for Empowerment

Kelima, lega karena bukan korban. Membaca fiksi memberikan kelegaan karena pembaca merasa beruntung bukan menjadi korban. Ini memang terdengar selfish, tetapi demikianlah kenyataannya. Seorang penulis pernah berkata bahwa manusia sesungguhnya sering terpesona pada devil, tokoh-tokoh jahat atau tokoh-tokoh antagonis. Tetapi sepanjang kita bukan menjadi korbannya.

Keenam, cerita kriminal juga membawa pembaca merasa diberi aba-aba untuk berjaga-jaga bila kenyataan buruk seperti yang dikisahkan terjadi pada dirinya. Pembaca menemukan kelegaan karena dapat belajar dan memiliki kesempatan menyiapkan diri menghindari hal buruk di masa mendatang.

Ketujuh, cerita kriminal membawa pembaca lebih mengenali manusia. Karakter-karakter dalam cerita kriminal sering unik dan mengejutkan. Dan itu membawa pembaca mengenali dan menyelami lagi karakter manusia yang barangkali tidak terpikirkan sebelumnya. Pembaca merefleksikan karakter-karakter itu kepada dirinya dan manusia di sekelilingnya. Dan ia merasa lega, semakin mengenali dirinya dan sesamanya.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*