Enak Tak Enak Kuliah Daring Terungkap dalam Survei Universitas Maranatha

Kuliah Daring (Dalam Jaringan) mahasiswa baru
Kuliah Daring (Dalam Jaringan) (KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com — Empat dosen Universitas Kristen Maranatha melakukan survei tentang kesiapan dosen, mahasiswa dan karyawan dalam menjalankan work from home (WFH) dan pembelajaran jarak jauh (PJJ). Hasilnya menunjukkan ada enak dan tak enaknya kuliah daring.

Jawaban bernada demikian sama-sama diungkapkan oleh dosen, mahasiswa dan karyawan yang disurvei. Bahkan ada semacam ironi, yakni di tengah semakin canggihnya teknologi informasi yang dipergunakan, justru mahasiswa merasa kesulitan mencari informasi tentang perkuliahan mereka.

Penelitian yang dilakukan oleh Ir. Teddy Markus Zakaria, M.T., dari Fakultas Teknologi Informasi; Susanti Saragih, S.E., M.Si. dan Santy Setiawan, S.E., M.Si, Ak., CA. dari Fakultas Ekonomi; serta Peter Rhian Gunawan, M.Ds. dari Fakultas Seni Rupa dan Desain disajikan pada webinar melalui Zoom dan akun YouTube resmi UK Maranatha pada Rabu, 22 Juli 2020.

Survei dan penelitian tersebut, sebagaimana dilansir dari situs resmi universitas tersebut, merangkum jawaban dari 354 dosen, 1.036 mahasiswa, dan 337 karyawan dari berbagai daerah di Indonesia. Beberapa pertanyaan yang diajukan untuk mengetahui kondisi para responden selama masa WFH atau PJJ, contohnya seperti kendala yang dihadapi, strategi yang dilakukan untuk mengatasi masalah, dan tingkat kepuasan.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*