Kompetisi APIO Tingkat SMA di Tangerang Diikuti 852 Peserta dari 33 Negara

Sharing for Empowerment

BACA JUGA:

APIO 2020 juga diikuti oleh peserta dari luar Asia Pasifik, yakni negara-negara yang berasal dari Eropa dan Amerika, dalam bentuk kontes terbuka (open contest).

Bagi Indonesia, selain sebagai latihan menuju International Olympiad in Informatics (IOI) Tahun 2020, kompetisi ini juga dimanfaatkan sebagai ajang seleksi siswa untuk menentukan 4 siswa terbaik Indonesia yang akan dikirim ke ajang IOI 2020. Indonesia sendiri akan menjadi tuan rumah IOI pada Tahun 2024.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Anwar Makarim, mengungkapkan bahwa kompetisi ini menjadi instrumen pencapaian dan pembuktian kompetensi di bidang informatika.

“APIO menjadi instrumen pencapaian dan pembuktian kompetensi di bidang informatika, sekaligus ajang menjalin jejaring dan persahabatan para ahli informatika muda dari seluruh penjuru dunia, khususnya di Kawasan Asia dan Pasifik,” ujar Mendikbud saat membuka kompetisi APIO 2020 secara daring di Kota Tangerang, Provinsi Banten pada Jumat pekan ini, 14 Agustus 2020.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*