Briton Penrose, Reinhard Genzel dan Andrea Ghez Sabet Nobel Fisika 2020 Terkait Penelitian Black Hole

Peraih Nobel Fisika 2020
Briton Roger Penrose, Reinhard Genzel dan Andrea Ghez peraih Hadiah Nobel Fisika 2020 (Foto: Nobel Committee)
Sharing for Empowerment

STOCKHOLM, KalderaNews.com – Komite Nobel 2020 mengumumkan Briton Roger Penrose (Inggris), Reinhard Genzel (Jerman) dan Andrea Ghez (Amerika) memenangkan Hadiah Nobel Fisika 2020 untuk penelitian terkait lubang hitam (black hole).

Secara lebih rinci, hadiah Nobel Fisika 2020 dianugerahkan kepada Roger Penrose atas penemuan lubang hitam dan Reinhard Genzel serta Andrea Ghez atas penemuan “benda supermasif di pusat galaksi kita”.

Sekretaris Jenderal Akademi Ilmu Pengetahuan Kerajaan Swedia, Goran K. Hansson seperti dilansir dari AP menegaskan berbagi penghargaan merupakan hal yang biasa bagi beberapa ilmuwan yang bekerja di bidang yang terkait.

BACA JUGA:

Nobel tahun lalu saja diberikan kepada ahli kosmologi kelahiran Kanada James Peebles untuk karya teoritis tentang momen-momen awal setelah Big Bang, astronom Swiss Michel Mayor dan Didier Queloz karena menemukan planet di luar tata surya kita.

Ketiganya (Briton Penrose, Reinhard Genzel dan Andrea Ghez) akan berbagi hadiah Nobel sebesar 10 juta kronor Swedia (sekitar $ 1,1 juta, 950.000 euro, Rp 16,5 miliar), setengahnya untuk Penrose dan setengahnya lagi untuk Genzel dan Ghez.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*