Gondol Nobel Fisika 2020, Andrea Ghez: Saya Berharap Bisa Menginspirasi Perempuan Muda

Penerima Nobel Fisiska 2020, Andrea Ghez perempuan keempat yang menerima Nobel Fisika sejak 1901
Penerima Nobel Fisiska 2020, Andrea Ghez perempuan keempat yang menerima Nobel Fisika sejak 1901 (Foto: PBS)
Sharing for Empowerment

STOCKHOLM, KalderaNews.com – Ilmuwan perempuan asal Amerika, Andrea Ghez memenangkan Penghargaan Nobel Fisika 2020 bersama dua peneliti lainnya Briton Roger Penrose dari Inggris dan Reinhard Genzel dari Jerman pada Selasa, 6 Oktober 2020.

Kehadiran Ghez cukup unik karena dia adalah perempuan keempat yang menerima Nobel Fisika sejak 1901, ketika hadiah Nobel itu pertama kali dibagikan.

“Saya berharap saya bisa menginspirasi perempuan muda lainnya ke lapangan,” kata Ghez dalam konferensi pers setelah penghargaan itu diumumkan seperti dilansir AFP.

BACA JUGA:

Andrea Ghez sendiri adalah Profesor Fisika dan Astronomi di University of California. Andrea Mia Ghez kelahiran 16 Juni 1965 adalah seorang astronom Amerika dan profesor di Departemen Fisika dan Astronomi di UCLA. Pada tahun 2004, majalah Discover mencantumkan Ghez sebagai salah satu dari 20 ilmuwan terbaik di Amerika Serikat yang telah menunjukkan pemahaman yang tinggi di bidangnya.

Diberitakan KalderaNews sebelumnya, Penghargaan Nobel Fisika 2020 dianugerahkan kepada Roger Penrose atas penemuan lubang hitam (black hole) dan Reinhard Genzel serta Andrea Ghez atas penemuan “benda supermasif di pusat galaksi kita”.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*