5 Fakta Nobel Sastra, Ada Dua Pemenang yang Menolak Hadiah

Sharing for Empowerment

Hadiah Sangat Jarang Dibagi ke Lebih Dari 1 Pemenang

Tidak seperti bidang lainnya, hadiah Nobel Sastra sangat jarang ada grup. Dilansir dari situs resmi Nobel, itu mungkin memang sifat sastra. Berbeda dengan hadiah sains yang seringkali diberikan secara bersama-sama dan pencapainnya secara berkelompok.

Pemenang Nobel Sastra Termuda

Hingga saat ini, Pemenang Sastra termuda adalah Rudyard Kipling, yang paling dikenal dengan The Jungle Book. Ia berusia 41 tahun saat dianugerahi Penghargaan Sastra pada tahun 1907.

Ada Dua Pemenang yang Menolak Nobel Sastra

Boris Pasternak, pemenang Nobel Sastra pada tahun 1958 menolak hadiahnya karena kebijakan pemerintah negaranya, yakni Uni Soviet. Lalu, Jean Paul Sartre, penerima Nobel Sastra tahun 1964 menolak penghargaan tersebut karena dia secara konsisten menolak semua penghargaan resmi.

16 Pemenang Perempuan di Nobel Sastra

Sejak 1909 hingga 2020, sebanyak 16 wanita telah dianugerahi Hadiah Nobel Sastra. Penulis Swedia Selma Lagerlöf (1858-1940) adalah wanita pertama yang dianugerahi pada tahun 1909. Hingga kini, pemenang Nobel Sastra masih didominasi oleh pria.

Itulah sekilas fakta mengenai Nobel Sastra. Diberitakan KalderaNews sebelumnya, Louise Glück terpilih sebagai pemenang Nobel Sastra pada tahun ini.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*