Empat Peneliti LIPI Dikukuhkan sebagai Profesor Riset, Ini Profilnya




Empat peneliti LIPI yang akan dikukuhkan sebagai Profesor Riset. (KalderaNews.com/Dok.LIPI)
Empat peneliti LIPI yang akan dikukuhkan sebagai Profesor Riset. (KalderaNews.com/Dok.LIPI)

JAKARTA, KalderaNews.com – Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) akan melantik empat peneliti sebagai Profesor Riset. Profesor Riset yang akan dilantik tersebut adalah Profesor Riset ke-151, 152, 153, dan 154 secara berurutan di lingkungan LIPI.

Acara pengukuhan empat Profesor Riset LIPI ini akan digelar secara daring pada Selasa, 27 Juli 2021.

BACA JUGA:

Dan inilah empat peneliti LIPI yang akan dikukuhkan sebagai Profesor Riset:

Dr. Ir.Rudi Subagja (Pusat Penelitian Metalurgi dan Material)

Rudi Subagja saat ini berkarya di Pusat Penelitian Metalurgi dan Material LIPI. Ia merupakan lulusan Institut Teknologi Bandung. Program doktoral ia selesaikan di Waseda University.

Orasi ilmiah pengukuhan Profesor Risetnya yang bertajuk “Pengembangan Teknologi Proses Ekstraksi Titanium, Nikel, dan Tembaga untuk Kemandirian Industri Nasional”.

Dr. Ir.Sensus Wijonarko M.Sc. (Pusat Penelitian Fisika)

Sensus Wijonarko merupakan alumni Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Ia juga pernah mengenyam pendidikan di The Victoria University of Manchester dan Universitas Negeri Jakarta.

Naskah orasinya berjudul “Instrumentasi Neraca Air dalam Sistem Pengamat Hidrometeorologi Terpadu untuk Upaya Mewujudkan Ketahanan Air”.

Dr.Danny Hilman Natawidjaja M.Sc. (Pusat Penelitian Geoteknologi)

Danny Hilman juga lulusan Institut Teknologi Bandung. Ia merampungkan S2 di Auckland University dan S3 di California Institute of Technology. Saat ini, ia berkarya di Pusat Penelitian Geoteknologi LIPI.

Danny menyampaikan orasi ilmiah berjudul “Riset Sesar Aktif Indonesia dan Peranannya dalam Mitigasi Bencana Gempa dan Tsunami”.

Dr. Efendi S.T., M.T. (Pusat Penelitian Metalurgi dan Material)

Efendi menyelesaikan S3 di Nagoya University. Sementara, jenjang S1 dan S2 diselesaikannya di Institut Teknologi Bandung. Kini, ia berkarya di Pusat Penelitian Metalurgi dan Material LIPI.

Effendi akan menyampaikan orasi Profesor Riset dengan judul “Desain Paduan Logam untuk Komponen Turbin Pembangkit Listrik”.

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu!




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*