Ingat Ya, KIP Kuliah Merdeka 2022 Hanya Diprioritaskan untuk Mereka Ini




Sejumlah pelajar SMA mengenakan pakaian batik
Sejumlah pelajar SMA mengenakan pakaian batik (ANTARA FOTO/Zabur Karuru)

JAKARTA, KalderaNews.com – Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan (Puslapdik) Kemendikbudristek mulai membuka pendaftaran KIP Kuliah Merdeka Tahun 2022 pada tanggal 8 Februari – 31 Oktober 2022.

Sub Koordinator Pokja KIP Kuliah Puslapdik, Muni Ika pun menegaskan prioritas KIP Kuliah Merdeka 2022. Lantas seperti apa prioritas KIP Kuliah Merdeka 2022?

Muni Ika menjelaskan KIP Kuliah diprioritaskan: Pertama, pada siswa yang sudah mempunyai Kartu Indonesia Pintar (KIP) atau yang sudah pernah mendapat bantuan Program Indonesia Pintar (PIP saat di SD, SMP, dan SMA.

BACA JUGA:

Kedua, prioritas juga diberikan pada calon mahasiswa dari keluarga miskin dan rentan miskin yang dibuktikan dengan kepesertaan Program Keluarga Harapan (PKH), memiliki Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), terdaftar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kementerian Sosial.

“Untuk yang berasal dari keluarga miskin atau rentan miskin, namun belum memiliki KIP, PKH, KKS dan tidak terdaftar di DTKS, juga berpeluang dapat KIP Kuliah Merdeka dengan menyertakan surat keterangan tidak mampu,“ kata Muni Ika.

Ketiga, KIP Kuliah Merdeka juga diprioritaskan untuk mahasiswa yang memiliki keterbatasan akses, difabel, dari wilayah 3 T, Papua dan Papua Barat serta mahasiswa yang wilayahnya terdampak bencana.

Menurut Muni Ika, yang berhak menerima KIP Kuliah adalah peserta didik yang akan lulus di tahun 2022 ini atau lulus di tahun 2020 dan 2021.

“Tentunya mereka juga lolos seleksi, baik di perguruan tinggi negeri di semua jalur seleksi atau juga di perguruan tinggi swasta pada program studi yang sudah terakreditasi,“ katanya.

Selain itu, juga peserta didik yang memiliki potensi akademik namun orang tuanya punya keterbatasan ekonomi yang bisa dibuktikan dengan dokumen-dokumen yang resmi.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*