Universitas Islam Indonesia Gelar Webinar Terkait Dampak Perang Rusia-Ukraina Terhadap Negara Muslim

Sharing for Empowerment

Radityo mengemukakan bahwa saat ini Rusia tengah menghadapi boikot ekonomi yang menyasar masyarakat biasa. Rusia mulai kesulitan untuk mengambil uang tunai di bank, dinaikkannya suku bunga serta ditutupnya pasar saham yang membuat aktivitas jual beli saham tidak bisa dilakukan.

Selain itu, masyarakat Rusia juga mulai mengalami sanksi sosial dengan penolakan terhadap mahasiswa baru di berbagai negara di Eropa dan pembatalan beasiswa bagi mahasiswa Rusia. Para generasi muda yang anti Putin yang awalnya ingin belajar di luar negeri dan menghindari Putin, malah harus membatalkan keinginan mereka karena sanksi tersebut.

Radityo menambahkan lagi, bahwa dampak sosial juga lumayan dirasakan oleh diaspora Rusia di luar negeri yang mulai kesulitan untuk menghubungi keluarga di Rusia. Boikot juga merambah ke ranah olahraga dan hiburan seperti dikeluarkannya tim sepak bola Rusia dari kualifikasi Piala Dunia 2022.

Rusia juga batal menjadi tuan rumah Eurovision dan didiskualifikasi dari ajang tersebut hingga pembalap F1 Rusia yang tidak bisa mengikuti ajang tersebut musim ini.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*