Universitas Islam Indonesia Gelar Webinar Terkait Dampak Perang Rusia-Ukraina Terhadap Negara Muslim

Ilustrasi: Kampus Universitas Islam Indonesia. (Dok. UII)
Kampus Universitas Islam Indonesia. (KalderaNews/Dok. UII)
Sharing for Empowerment

YOGYAKARTA, KalderaNews.com – Universitas Islam Indonesia (UII) menggelar webinar terkait perang Rusia-Ukraina dan dampaknya terhadap negara Islam. Webinar yang diadakan oleh prodi Hubungan Internasional UII ini menghadirkan narasumber dari Duta Besar Indonesia untuk Rusia merangkap Belarus tahun 2016-2020, M. Wahid Supriyadi.

Menurut Wahid Supriyadi bahwa invasi yang dilakukan Rusia ke Ukraina dinilai tidak akan memiliki dampak secara langsung kepada negara-negara Islam.

BACA JUGA:

Dalam penjelasan, Wahid Supriyadi mengatakan, memang terdapat beberapa hal yang saat ini dinarasikan menarik umat Islam ke dalam pusaran konflik. Seperti contohnya Muslim dari Suriah yang bisa memanfaatkan momentum ini untuk menyerang Rusia yang meluluhlantakkan negeri mereka. Namun, menurutnya hal ini tidak akan mengarah ke sana.

“Maka, kita harus hati-hati dengan berita. Karena masing-masing akan mencari berita untuk justifikasi tindakannya dan data-data yang akan membenarkan,” ujar Wahid.

Lebih lanjut, Dubes Indonesia untuk Rusia itu menambahkan bahwa dunia Islam memang tidak akan merasakan dampak keamanan dari konflik kedua negara ini, namun sektor ekonomi akan memberikan dampak yang lebih besar. Hal ini tidak terlepas dari kenaikan harga minyak dan gas yang mulai dirasakan setelah sanksi ekonomi melanda Rusia.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*