Mahasiswi Universitas Islam Indonesia Terpilih Hadir dalam Simulasi Sidang PBB




Ilustrasi: Kampus Universitas Islam Indonesia. (Dok. UII)
Ilustrasi: Kampus Universitas Islam Indonesia. (Dok. UII)

YOGYAKARTA, KalderaNews.com – Universitas Islam Indonesia (UII) berhasil mengirimkan seorang mahasiswi menghadiri Sidang PBB di Bali, pada 25-28 Februari 2022. Mahasiswa dari Fakultas Kedokteran Universitas Islam Indonesia itu bernama Windyan Kestri Herdhani.

Ia terpilih menjadi salah satu wakil Indonesia pada Asia Wolrd Model United Nation (AWMUN) ke-7

BACA JUGA:

Mahasiswi FK UII tersebut mengikuti simulasi sidang PBB yang diselenggarakan oleh International Global Network (IGN) di Hilton Garden Inn, Bali.

Acara AWMUN ini merupakan perhelatan yang diperuntukkan bagi pemuda dari berbagai negara untuk merasakan suasana Sidang PBB secara langsung. Tak hanya itu, mereka juga belajar tentang diplomasi, berdiskusi, dan mencari solusi terkait isu global yang sedang hangat.

Semua mahasiswa yang terpilih melalui beberapa seleksi terlebih dahulu, seperti menulis esai, motivation letter, dan interview yang menggunakan bahasa bahasa Inggris, serta diharuskan menguasai kemampuan berdiplomasi layaknya anggota PBB, berbicara di depan umum mengutarakan pendapatnya.

Indy, sapaanya, merasa senang bisa mengikuti acara ini, lntaran bisa merasakan sebuah pengalaman baru, bertemu orang-orang baru.

“Banyak sekali insight yang saya dapatkan dengan bertemu peserta lain dari luar negeri,” ujar Indy.

Pada acara tersebut membahas tema “The After Effect of Covid-19: Children and Poverty” dan “Addressing The Mental Health Crisis of Children and Adolescents.”

Indy mengungkapkan bahwa berdebat saat Sidang PBB bukanlah hal mudah. “Saat akan berpendapat atau beradu argumen haruslah menggunakan data yang jelas. Berdebat itu butuh dasar ilmiah yang valid,” katanya.

*Jika artikel ini bermafaat, silakan dishare kepada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*