Gegara Virus Corona, Pekerja “Dirumahkan”, Yuk Simak Tips Bekerja di Rumah

Ilustrasi: Tips bekerja di rumah. (Ist)
Ilustrasi: Tips bekerja di rumah. (Ist)

Berbagai perusahaan telah memberlakukan sistem bekerja jarak jauh (remote). Negara-negara seperti Jepang, Korea Selatan (Korsel), Amerika Serikat (AS), Inggris, pun Indonesia telah menetapkan kebijakan bekerja dari rumah untuk mencegah penyebaran virus corona alias Covid-19. Langkah ini diambil ketika World Health Organization (WHO) menetapkan corona sebagai pandemi global.

BACA JUGA:

Survei FlexJobs terhadap 7000 pekerja pada 2019, menunjukkan bahwa 65 persen merasa lebih produktif bekerja dari rumah. Hasil survei tersebut juga menyebutkan, bekerja dari rumah dapat menghemat anggaran, mengurangi gangguan dari rekan kerja, terhindar dari suasana politik di kantor, serta mengurangi stres lantaran “tekanan” dari atasan.

Nah, berikut beberapa tips bagi kamu yang terpaksa harus bekerja dari rumah alias tidak ngantor:

Kunci utama komunikasi
Hal pertama yang mesti disiapkan adalah tempat bekerja yang baik di rumah. Carilah satu tempat di rumah yang layak untuk bekerja. Daripada berbaring di tempat tidur dengan laptop, cobalah siapkan ruang kerja sederhana, misal dengan memindahkan meja ke sudut yang jauh dari gangguan, sera jangan lupa menyiapkan kursi agar duduk tetap tegak.

Langkah berikutnya, pastikan tempat tersebut nyaman untuk menjalin komunikasi, baik dengan pimpinan atau manajer kamu, serta dengan rekan-rekan kerja kamu. Saat kamu bekerja di rumah, hal yang paling utama adalah komunikasi.

Kualitas komunikasi amat menentukan keberhasilan cari bekerja jarak jauh. Maka sebaiknya, mesti ditentukan saluran komunikasi yang hendak dipergunakan selama bekerja jarak jauh. Aturan main dalam bekerja jarak jauh pun mesti segera dibuat perusahaan atau instansi tempat kamu bekerja.

Berpakaian seperti di kantor
Ketika kamu bekerja dari rumah, hindari untuk berpakaian seadanya. Berlakulah seperti layaknya bekerja biasa di kantor. Jangan lupa tetap mandi dan jaga kebersihan diri!

Mungkin hal ini sepele, tapi ini akan berpengaruh terhadap cara kamu memperlakukan pekerjaan. Artinya, bekerja dari rumah atau kantor itu sama saja. Apalagi jika selama bekerja jarak jauh diberlakukan cara komunikasi video call atau teleconference; tentu kamu tak bisa mengenakan pakaian yang sembarangan.

Tetap jalin relasi dengan rekan kerja
Bekerja dari rumah tentu amat berbeda dengan di kantor. Jika di kantor, relasi antar-rekan kerja bisa dilakukan selama bekerja. Bisa makan siang bersama atau hangout selepas jam kantor usai, atau seru-seruan bersama di kantor, serta yang lain.

Nah, untuk itu tetaplah menjalin komunikasi dengan rekan-rekan kerja kamu. Kamu bisa memanfaatkan aneka pilihan cara berkomunikasi kekinian. Jangan sampai, cara bekerja jarak jauh ini juga menjauhkan kamu dari rekan-rekan kerja. Justru ini bisa menjadi momen untuk kian mendekatkan jalinan relasi dengan rekan kerja, meskipun jaraknya berjauhan.

So, tetap semangat, Gaes, dan jaga kebersihan serta kesehatan! (yp)

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*