Semilir Angin Senja di Atas Batuan Semilir Tebing Breksi

Keindahan Sunset di Tebing Breksi Yogyakarta
Keindahan Sunset di Tebing Breksi Yogyakarta (KalderaBews/Arli Cia)
Sharing for Empowerment

YOGYAKARTA, KalderaNews.com – Siapa yang tidak mengenal Tebing Breksi? Sebongkah batuan besar bekas areal pertambangan yang kini menjadi destinasi pariwisata menarik di Daerah Istimewa Yogyakarta. Lokasinya berada di Desa Sambirejo, Prambanan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

Jika kita mendaki ke atasnya melalui tangga, kita akan mendapati sebuah taman yang ditumbuhi bunga dan beberapa spot untuk berswafoto. Kita pun dapat menikmati indahnya panorama Kota Yogayakarta sambil menikmati semilir angin.

BACA JUGA:

Bongkahan batu besar di Tebing Breksi sejatinya adalah endapan material letusan gunung berapi purba yang disebut dengan Gunungapi Semilir. Gunung tersebut meletus sekitar 15 juta tahun yang lalu dan memuntahkan material abu vulkanik di daerah ini. Perlahan, endapan material tersebut berubah menjadi batuan breksi tuf.

Tebing Breksi di Yogyakarta terlihat berdiri kokoh
Tebing Breksi di Yogyakarta terlihat berdiri kokoh (KalderaNews/Arli Cia)

Masyarakat sekitar pada 1980-an memanfaatkan endapan batuan breksi tuf untuk ditambang. Mereka mengambil dan membuatnya menjadi fondasi rumah, hiasan dinding, ornamen, dan sebagainya. Namun, pada 2013 aktivitas pertambangan ini dilarang karena menjadi salah satu situs warisan geologi.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*