Glorifikasi Stafsus Milenial yang Berakhir Tragis

Sharing for Empowerment

Pelajaran dari Dunia Kepenulisan

Nasihat yang disebutkan di atas mungkin terdengar sangat old fashioned dan sama sekali tidak milenialistis. Namun ribuan bahkan jutaan penulis di seluruh dunia, meyakini bahwa nasihat yang old fashioned itu masih bekerja. Baik sejak ratusan atau bahkan ribuan tahun lalu maupun ribuan tahun ke depan.

Keyakinan itu yang membuat mereka, setiap satu kali dalam satu tahun, di bulan Oktober, mengarahkan perhatian ke kota Stockholm, Swedia. Ribuan bahkan jutaan penulis itu ingin mendengarkan untuk kesekian kalinya Komite Nobel mengumumkan nama pemenang Nobel untuk Sastra.

Mengapa penting mendengarkannya, bukankah hanya satu dari jutaan penulis yang memenanginya? Ya betul. Tetapi mereka mendengarkannya bukan karena berharap akan menang. Melainkan dari tradisi penganugerahan hadiah Nobel, para penulis di seluruh dunia meneguhkan lagi keyakinan mereka bahwa hanya mereka yang bekerja keras, bekerja tekun dan bekerja benar yang patut mendapatkan medali. Dan itu prosesnya belasan bahkan puluhan tahunan.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*