Jangan Rebahan Terus, Sempatkan Olahraga Selama WFH, Ini Tipsnya

Ilustrasi: Tips olahraga di rumah. (Ist.)
Ilustrasi: Tips olahraga di rumah. (Ist.)

JAKARTA, KalderaNews.com –  Work from home alias WFH dipilih agar kita bisa menghindar dari penyebaran virus corona atau Covid-19. Dengan #DiRumahAja, kita menjaga jarak sosial dengan sesama, sehingga bisa memutus mata rantai penyebaran virus tersebut.

Namun, ada beberapa di antara kita, tentu bukan kamu ya, yang memanfaatkan WFH sebagai saatnya “rebahan” di rumah. Tapi, ada pula yang merasa justru lebih betah bekerja dari rumah, sehingga malah lupa waktu.

Padahal selama pandemi ini masih terus berlangsung, kita diwajibkan untuk senantiasa menjaga kondisi raga kita, agar tetap sehat. Maka selama WFH, selalu jaga kesehatan, salah satunya dengan tetap berolahraga.

BACA JUGA:

Jika kamu tak bisa olahraga di luar rumah, di dalam rumah pun jadi. Nah, ini tipsnya:

Bunyikan alarm setiap satu jam
Mungkin di awal ini agak mengganggu. Tapi ini salah satu cara agar kamu tidak duduk atau rebahan sepanjang hari di depan komputer atau laptop. Ketika alarm berbunyi, itu tandanya kamu mesti berhenti sejenak untuk melakukan gerakan tubuh. Bisa hanya merenggang kaki dan kaki atau berjalan ke teras rumah. Atau jika di rumah ada tangga, naik dan turunlah tangga sebentar saja. Setidaknya berhenti bekerja selama 5 atau 10 menit untuk melakukan gerakan tubuh.

Gunakan meja berdiri sesekali
Ini bisa dicoba sesekali. Cobalah bekerja tanpa duduk di kursi. Artinya kamu bekerja sambil berdiri. Carilah meja yang agak tinggi, sehingga kamu bisa meletakkan laptop di sana. Lantas mulailah bekerja sambil berdiri.

Tapi jangan setiap hari ya, Gaes! Sesekali saja lakukan hal ini, sehingga kamu tidak selalu rebahan atau duduk di kursi tatkala bekerja.

Buat jadwal olahraga
Berolahraga, bekerja, bersantai, dan beristirahat secara rutin dan teratur diyakini menjadi salah satu cara menjaga kesehatan tubuh. Maka, selama WFH, kamu juga mesti membuat jadwal harian, seperti layaknya bekerja biasa.

Kamu bisa menggunakan sarana-sarana di rumah untuk berolahraga. Naik turun tangga di rumah juga bisa menjadi salah satu pilihan berolahraga di rumah. Yang terpenting adalah menaati jadwal yang telah dibuat dengan disiplin.

So, itulah beberapa tips agar kamu tetap bisa berolahraga saat WFH. Selamat mencoba! (yp)

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*