Viral “Taraktakdung”, Apa itu Taraktakdung? Ini Penjelasannya

Ilustrasi: Video taraktakdung yang sempat viral. (Ist.)
Ilustrasi: Video taraktakdung yang sempat viral. (Ist.)

SUKABUMI, KalderaNews.com – “Nama saya Almira dari gugus 9. Taratakdung 2020, taratakdung, taratakdung,” demikian akun TikTok @fungsibulann.

BACA JUGA:

Dalam video pendek di akun TikTok @fungsibulann nampak seorang siswi SMA memperkenalkan diri lantas berjoget dengan menyebutkan “taraktakdung”. Tak hanya akun @fungsibulann yang kemudian viral di media sosial, akun lain pun melakukan hal serupa dengan aneka variasi.

Nah rupa-rupanya, pemilik akun @fungsibulann yang diketahui bernama Almira itu sedang mengikuti kegiatan Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) secara daring di SMAN 3 Sukabumi, Jawa Barat. Videonya sempat viral di berbagai platform media sosial. “Taraktakdung” pun menjadi kata yang viral.

Lantas, apa itu “taraktakdung”?

Usut punya usut, “taratakdung” adalah semacam yel-yel yang diperkenalkan kepada pelajar baru di setiap acara PLS di SMAN 3 Sukabumi. “Taraktakdung” merupakan salam selamat datang bagi siswa baru.

“Taraktadung” sendiri berasal dari bahasa Sunda yang merupakan bunyi kendang dan gong. Yel-yel “Taraktakdung” sendiri bukanlah hal baru di SMAN 3 Sukabumi. Setiap kali gelaran PLS, yel-yel itu selalu digaungkan para siswa dan siswi baru di SMAN 3 Sukabumi. “Taraktakdung, taraktakdung!” (yp)

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*