Perguruan Tinggi Indonesia-UK Kolaborasi Penelitian untuk Penanganan Covid-19




Virus Corona
Ilustrasi Virus Corona (KalderaNews/Ist)

JAKARTA, KalderaNews.com – Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Nizam menegaskan bahwa saat ini ada kolaborasi penelitian antara perguruan tinggi Indonesia dan UK untuk untuk penanganan Covid-19.

Perihal kolaborasi ini diungkapkannya di acara daring bertajuk “Joint Declaration and Founders Meeting UK-Indonesia Consortium for Interdisciplinary Sciences (UKICIS)” pada Jumat, 21 Agustus 2020.

Ia berharap kolaborasi antara perguruan tinggi kedua negara dapat bersama mengembangkan penelitian untuk kepentingan bersama dalam penanganan pandemi Covid-19 ini.

BACA JUGA:

Karena menurutnya, sudah sepatutnya perguruan tinggi menjadi wadah inovasi untuk kehidupan yang lebih baik.

“Kami berharap dengan adanya kolaborasi antara perguruan tinggi-perguruan tinggi UK-Indonesia akan bersama melawan pandemi Covid-19, juga dapat melakukan penelitian gabungan yang akan bermanfaat bagi kedua negara.”

“Perguruan tinggi sebagai mesin inovasi serta sumber daya manusia sangat penting untuk mempertahankan pertumbuhan ekonomi kita dan mengembangkan masyarakat untuk hidup lebih baik,” tandas Nizam.

Diakuinya, saat ini perguruan tinggi di Indonesia telah menyumbang berbagai inovasi terkhusus di bidang kesehatan untuk membantu penanganan Covid-19. Lebih dari sebelas jenis ventilator yang telah dikembangkan perguruan tinggi bersama pusat penelitian Indonesia dan sebanyak ratusan telah digunakan oleh rumah sakit-rumah sakit untuk penanganan Covid-19 mulai rapid test, serta PCR test.

Selain itu, ribuan mahasiswa juga telah menjadi relawan, terlebih melalui metode media komunikasi, informasi dan pendidikan bagi masyarakat dalam pandemi saat ini.

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat, dan teman-temanmu

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*