Tip Bijak Supaya Tak Terjebak Jeratan Penipuan Online

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Jawa Tengah, Riena Retnaningrum
Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Jawa Tengah, Riena Retnaningrum (KalderaNews/Pemprov Jateng)
Sharing for Empowerment

SEMARANG, KalderaNews.com – Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Jawa Tengah, Riena Retnaningrum baru-baru ini berbagi tip supaya tak terjebak jeratan penipuan online.

Diketahui, penipuan online kian marak. Berbagai macam modus penipuannya pun begitu bervariasi dan beragam, sehingga kerap kali mengelabui calon korbannya. Ia pun meminta masyarakat tetap waspada.

Tercatat dari 2017 hingga 2022, layanan CekRekening.id dari Kemkominfo telah menerima kurang lebih 486.000 laporan dari masyarakat terkait pidana informasi dan transaksi elektronik.

BACA JUGA:

Riena menambahkankan, contoh penipuan online seperti mengirimkan file.APK melalui pesan whatsapp, pinjaman online via SMS dengan iming-iming yang mengiurkan, bahkan penipuan melalui telepon.

Lalu bagaimana cara agar kita tidak terjebak jeratan penipuan online? Riena mengingatkan, agar tidak memercayai kalimat-kalimat hiperbola, menjanjikan hal-hal yang indah dan manis. Jika ada link dan telpon dari nomor tak dikenal, tidak usah dihiraukan.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*