Ini lho, 10 Tips Memilih SMA




Ilustrasi : Masuk SMA

JAKARTA, KalderaNews.com –  Bagi teman-teman yang akan menyelesaikan jenjang pendidikan SMP sedang memilah dan memilih SMA yang cocok. Nah, berikut 10 tips untuk memilih SMA:

Memahami Jurusan di SMA
Di SMA tentu tidak ada jurusan tata boga, tata rias, administrasi, atau yang lainnya. Yang ada di SMA adalah jurusan IPA, IPS, atau Bahasa. Jika ingin masuk SMA, maka kamu mesti menyiapkan diri untuk memilih salah satu jurusan tersebut.

Faktor Lokasi
Kenalilah berbagai SMA yang ada di sekitar kamu, mulai yang terdekat hingga yang paling jauh, namun masih terjangkau. Ini juga akan menentukan sarana transportasi yang hendak kamu pakai untuk pergi dan pulang sekolah. Nah, jika kamu memilih SMA di luar kota, maka mesti mempertimbangkan tempat tinggal, mau kos atau tinggal di rumah saudara. Sebaiknya, pilihlah tempat tinggal yang tidak begitu jauh dari SMA pilihan kamu. Syukur-syukur, kamu bisa tinggal di asrama yang dikelola oleh pihak sekolah juga.

Faktor Skor Akhir
Skor akhir yang kamu dapat dari nilai SKHUN SMP juga amat penting, karena ini akan menjadi salah satu syarat masuk SMA, selain melalui jalur tes dan prestasi. Pastikan kamu memilih SMA sesuai skor akhir kamu.

BACA JUGA:

Diskusikan dengan Ortu
Bicarakan semua pilihan kamu dengan orangtua. Tentu orangtua akan memberikan banyak pertimbangkan yang terbaik buat kamu.

Kondisi Keuangan
Kamu juga mesti mempertimbangkan kondisi keuangan keluarga. Jangan sampai persoalan keuangan akan menghambat cita-cita kamu. Pilihlah SMA yang berkualitas, namun tidak membebani keuangan keluarga. Jika kamu memiliki prestasi lebih, jangan sungkan untuk mencari informasi tentang beasiswa.

Fasilitas Bakat dan Minat
Carilah SMA yang mempunyai fasilitas penelusuran bakat dan minat. Ini juga penting, lantaran setelah lulus SMA, kamu bisa langsung mengetahui arah untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang pendidikan tinggi.

Ekstrakurikuler
Pilihlah SMA yang memiliki banyak ekstrakurikuler. Sehingga kamu memiliki banyak pilihan untuk menyalurkan bakat, minat, atau hobi. Siapa tahu, melalui kegiatan ekstrakurikuler, kamu bisa menoreh beragam prestasi. Tentu ini penting bagi kamu untuk melanjutkan pendidikan tinggi.

Persiapkan Mental
Kata orang, masa SMA adalah masa yang paling indah. Ungkapan ini bisa jadi benar. Pada masa SMA, selain berhadapan dengan aneka rutinitas belajar, kamu juga akan menghadapi beragam pengaruh, baik yang positif maupun yang negatif. Maka, persiapkan diri untuk menghadapinya. Bijaklah dalam memilih pergaulan dan aktivitas. Jika tidak mendukung proses belajar, lebih baik dihindari. Carilah teman dan aktivitas yang sepenuhnya menyokong proses belajar kamu. Karena masa SMA adalah masa mempersiapkan masa depan yang lebih baik.

Persiapkan Kuliah
Masa SMA juga bisa disebut sebagai persiapan masuk ke jenjang pendidikan tinggi. Maka, jangan sia-siakan masa SMA dengan hal yang tidak berguna. Setelah masuk SMA, sebaiknya kamu mulai menetapkan dan memantapkan diri untuk memilih salah universitas atau perguruan tinggi. Dengan demikian, kamu telah memiliki tujuan yang pasti untuk melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi.

Carilah Informasi
Dalam memilih SMA, kamu mesti banyak mencari informasi, baik secara online ataupun berdiskusi dengan banyak orang, bisa orangtua, teman, atau kakak kelas. Semakin banyak informasi, tentu akan kian memudahkan kamu dalam memilih SMA.

So, itulah beberapa tips bagi kamu yang sedang memilih dan memilah SMA impian kamu. (yp)

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat, dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*