Pengen Masuk STAN, Asah 5 Hal Ini




Ilustrasi: Kampus STAN

JAKARTA, KalderaNews.com – Hai, bagi kamu yang pengen kuliah STAN, tentu sedang mempersiapkan diri mengikuti seleksi. Nah, berikut ini lima hal yang perlu kamu asah terutama dalam menghadapi seleksi tertulis. Yuk disimak!

Asah Kemampuan Bahasa Indonesia
Kemampuan berbahasa Indonesia kamu perlu terus diasah, pasalnya salah satu materi seleksi tertulis masuk STAN adalah logika bahasa. Kamu harus mempelajari lagi soal-soal mengenai sinonim, antonim, dan analogi. Nah, untuk semakin mengasah kemampuan kamu berbahasa Indonesia ada baiknya kamu rajin membaca, entah koran, majalah, novel, atau berita-berita online. Dengan membaca kamu memiliki kekayaan kata yang cukup banyak.

Selain itu, kamu juga mesti sering-sering membuka Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jika tak punya versi cetaknya, kamu bisa mengaksesnya secara online. Dengan demikian, kamu akan memperbanyak pemahaman dan makna suatu kata. Sehingga kamu bisa mengindentifikasi sinonim, antonim, dan analogi kata.

Kamu juga mesti mempelajari lagi EYD. Sehingga kamu mengetahui cara penulisan suatu kata, tanda baca, dan yang lain. Penguasaan bahasa Indonesia ini mesti terus kamu asah. Karena ini akan sangatmembantu kamu dalam mengerjaan soal-soal, terutama yang terkait bahasa Indonesia, dalam seleksi masuk STAN.

BACA JUGA:

Asah Bahasa Inggris
Selain bahasa Indonesia, kamu juga mesti mempersiapkan diri dengan mengasah kemampuan berbahasa Inggris. Bahasa Inggris juga menjadi salah satu materi seleksi masuk STAN.

Kamu bisa mulai dengan mendengarkan lagu berbahasa Inggris untuk mengasah kemampuan listening. Ini juga bisa melatih kepekaan pengucapan dan penggunaan kata dalam bahasa Inggris.

Kamu juga mesti rajin membaca artikel berbahasa Inggris. Dengan membaca, kamu mengasah kemampuan memahami kalimat per kalimat. Pun akan menambah perbendaharaan kata berbahasa Inggris.

Asah Logika Hitung
Ini juga menjadi salah satu materi seleksi masuk STAN. Maka, kamu mesti belajar sungguh-sungguh, terutama matematika dan aritmatika. Cara paling mudah adalah dengan mengerjakan soal hitungan sebanyak-banyaknya. Latihlah daya analisa dan berhitung kamu. Dengan banyak latihan, kamu juga bisa memperkirakan waktu pengerjaan satu soal. Sehingga, kamu juga akan belajar mengatur waktu dalam mengerjakan soal-soal seleksi masuk STAN.

Asah Wawasan Kebangsaan
Pengetahuan ini meliputi bdang hukum, politik, dan ideologi kebangsaan. Tips untuk mengasah kemampuan ini adalah dengan membaca. Bacalah sebanyak-banyak artikel tentang hal itu. Selain memberikan informasi, bacaan tadi juga akan menambah pengetahuan kamu tentang banyak hal.

Asah Cara Berkomunikasi
Salah satu materi seleksi masuk STAN adalah tahap wawancara. Nah, di sinilah kemampuan kamu berkomunikasi diuji. Maka, mumpung masih ada waktu pelajarilah cara-cara berkomunikasi yang baik. Selain mempelajari secara teori, hal yang paling penting adalah praktik. Hal yang paling mudah untuk belajar berkomunikasi adalah dengan berbicara dengan banyak orang yang tidak dikenal sama sekali.

Cobalah pergi ke mal, pasar, terminal, tempat wisata, atau ke manapun, di mana kamu tidak mengenal orang-orang yang kamu temui. Mulailah berbincang dengan mereka yang tidak kamu dikenal itu. Kamu tentu akan berjumpa dengan banyak orang dari beragam latar belakang. Nah, dari situ kamu akan belajar cara berkomunikasi dengan berbagai gaya.

Cus, itulah beberapa hal yang perlu kamu asah sebelum menghadapi seleksi masuk STAN. Selamat belajar! (yp)

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat, dan teman-temanmu

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*