Irene Elizabeth Delinggo: Tips Lulus SMA Langsung Dapat Beasiswa ke Amerika

Irene Elizabeth Delinggo dari PENABUR Secondary Kelapa Gading (PSKG), peraih The Global UCF Academic Excellence Scholarship ke University of Central Florida
Irene Elizabeth Delinggo dari PENABUR Secondary Kelapa Gading (PSKG), peraih The Global UCF Academic Excellence Scholarship ke University of Central Florida (KalderaNews/Dok. Pribadi)

JAKARTA, KalderaNews.com – Peserta didik PENABUR Secondary Kelapa Gading (PSKG) bernama lengkap Irene Elizabeth Delinggo sukses mendapatkan The Global UCF Academic Excellence Scholarship untuk kuliah Undergradute Program di University of Central Florida jurusan Event Management.

Kuliah ke luar negeri memang menjadi impiannya sejak masih sekolah jenjang SMP karena tidak sedikit teman-temannya yang sering pindah negara karena pekerjaan orangtuanya.

“Pertama kali tertarik sekolah ke luar negri itu waktu SMP kelas 1 karena, dulu sering ada sharing temen-temen di sekolah tentang pengalaman mereka. Kebetulan waktu itu, saya memiliki teman-teman yang sering berpindah negara mengikuti pekerjaan ayahnya, maka dari situ rasa penasaran saya muncul, bagaimana cara mereka beradaptasi di luar negri dengan tradisi dan makanan yang berbeda di setiap negara dengan mudah,” akunya.

BACA JUGA:

Yang ada di pikirannya, bila bisa belajar hidup mandiri di negara orang, mungkin akan jadi suatu pengalaman yang asik dan dapat menambah wawasan serta belajar keluar dari comfort zone untuk bekal masa depan.

Sejak itu, ia diam-diam mencari jurusan-jurusan yang sesuai dengan minat dan bakatnya dan melakukan research universitas-universitas di luar negeri yang menarik serta kemungkinan beasiswa.

“Buat dapetin beasiswa itu sendiri memang susah karena scholarship untuk student internasional dimana-mana itu sangat terbatas dan harus bersaing dengan kandidat-kandidat dari seluruh dunia. Requirementnya, seperti top student hingga harus aktif berorganisasi.”

Dari situ ia sadar harus aktif berorganisasi dan berprestasi secara akademik. Ia mengaku sudah siapin mental sejah jauh hari.

“Jadi saat masuk SMA, ia ikut organisasi dan kegiatan sekolah, tapi juga fokus di pelajaran. Pelajaran jalan, kegiatan juga jalan,” tegas remaja cantik berusia 17 tahun yang bercita-cita ingin jadi orang yang sukses di bidang yang menjadi passionnya yakni event management.

Irene Elizabeth Delinggo bersama tema-temannya di PENABUR Secondary Kelapa Gading (PSKG) saat menjadi panitia di sebuah acara sekolah
Irene Elizabeth Delinggo bersama tema-temannya di PENABUR Secondary Kelapa Gading (PSKG) saat menjadi panitia di sebuah acara sekolah (KalderaNews/Dok. Pribadi)

Hingga pada suatu hari ketika SMA di PENABUR Secondary Kelapa Gading (PSKG) saat searching ada iklan beasiswa di suatu pameran pendidikan (education fair). Ia tertarik dan mengontak panitianya serta menyiapkan persyaratannya untuk interview di edufair.

Beasiswa itu bernama Academic Excellence Scholarship. Beasiswa ini dirank berdasarkan nilai di sekolah dan sertifikan dari organisasi dan kegiatan-kegiatan sekolah serta rekomendasi-rekomendsasi dari para guru.

Tahapan apply beasiswa ini sangat umum: Pertama, regitrasi dan keluar requirementnya. Kedua, siapin persyaratannya, transkrip, rapor hingga sertifikat. Ketiga, interview yang disiapkannya dengan googling contoh-contoh interview beasiswa di internet.

Ia pun berhasil meraih The Global UCF Academic Excellence Scholarship untuk jurusan yang menjadi passionnya.

“Setelah kuliah di jurusan event management ini, dengan melihat fakta market Indonesia yang begitu besar, banyak sekali event-event yang bisa diadakan, yang masih belum ada di sini, saya ingin membawa acara-acara besar di luar negeri tersebut untuk diadaptasikan ke Indonesia.”

Ia lantas menyanyangkan banyak mispersepsi dan anggapan salah kaprah tentang jurusan event management yang berkembang di masyarakat.

“Yang masyarakat awan tahu bahwa sekolah event management hanya maksimal menjadi wedding organizer. Padahal, dengan mengambil jurusan event management ini, kita bisa membuat event sendiri,” tandasnya.

Irene Elizabeth Delinggo dari PENABUR Secondary Kelapa Gading (PSKG)
Irene Elizabeth Delinggo (KalderaNews/Dok. Pribadi)

Ia pun mencontohkan negara-negara maju seperti Jerman dan Amerika, tempat dimana acara-acara international terbesar diadakan. Frankfurt Motor Show yang diadaptasi menjadi Indonesia International Motor Show (IIMS) atau Comi-con International di San Diego, Amerika yang sudah diadaptasi menjadi Comic-con Indonesia dan masih banyak acara lain yang ada di luar negeri yang masih belum ada di Indonesia.

Terkait keberhasilannya mendapatkan beasiswa ke University of Central Florida ini, ia pun memberikan tips buat yang mau dapat beasiswa ke luar negeri setamat sekolah di SMA.

“Kalian wajib lebih aktif di organisasi sekolah dan rajin belajar. Meski kita tidak berprestasi di akademik, tapi jika kita bisa berprestasi di non-akademik maka tetep masih dapat kesempatan untuk dapat beasiswa.”

Selanjutnya, kalau lagi applay scholarship, jangan terlalu banyak dipikirin.

“Kita pasti deg-degan dan takut, tapi sebaiknya lebih santai. Kalau gugup nanti bingung mau omong apa. Kalau santai jadi lebih enak,” sarannya.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*