Rektor Baru UNM, UMRAH dan Unipa Diminta Tak Hanya Wacanakan Kampus Merdeka

Pelantikan Husain Syam sebagai Rektor Universitas Negeri Makassar (UNM), Agung Damar Syakti sebagai Rektor Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) dan Meky Sagrim sebagai Rektor Universitas Papua (Unipa)
Pelantikan Husain Syam sebagai Rektor Universitas Negeri Makassar (UNM), Agung Damar Syakti sebagai Rektor Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) dan Meky Sagrim sebagai Rektor Universitas Papua (Unipa)(KalderaNews/Kemdikbud)

JAKARTA, KalderaNews.com – Tiga (3) rektor PTN, yakni Rektor Universitas Negeri Makassar (UNM), Rektor Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) dan Rektor Universitas Papua (Unipa) dilantik melalui telekonferensi di Jakarta, Senin, 18 Mei 2020.

Ketiga rektor PTN periode 2020-2024 yang dilantik adalah (1) Husain Syam sebagai Rektor Universitas Negeri Makassar (UNM); (2) Agung Damar Syakti sebagai Rektor Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH); dan (3) Meky Sagrim sebagai Rektor Universitas Papua (Unipa).

BACA JUGA:

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Ainun Na’im dalam pelantikan kali ini meminta ketiganya benar-benar menerapkan kebijakan Kampus Merdeka di universitas masing-masing yang tak hanya sebatas wacana.

Menurut Ainun, kebijakan kampus merdeka merupakan suatu lompatan besar yang akan memberikan peluang bagi sistem pendidikan Indonesia untuk berkembang secara lebih fleksibel dalam menghadapi tantangan dan perkembangan zaman.

“Empat kebijakan penting kampus merdeka yang akan mengubah kultur pembelajaran menjadi lebih inovatif,” ujar Ainun seperti dikutip dari situs resmi Kemdikbud.

Diketahui, kebijakan kampus merdeka terdiri dari 4 poin yaitu pembukaan program studi baru, akreditasi perguruan tinggi dan program studi, perguruan tinggi negeri badan hukum atau proses menjadi perguruan tinggi negeri badan hukum, dan hak belajar bagi mahasiswa untuk menempuh proses pembelajaran dan subjek pembelajaran yang lebih fleksibel di luar program studi.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*