Lukas Djapri, Peneliti Belia “Superkapasitor dan Struktur Nano“ dari Tarakanita Citra Raya

Sharing for Empowerment

Meneliti Superkapasitor dan Struktur Nano

Lukas secara khusus melakukan penelitian pada superkapasitor. Kesimpulannya, superkapasitor bisa untuk menyimpan daya listrik. Daya listriknya bisa dipakai untuk mengisi daya baterai handphone makanya ini disebut superkapasitorbank. Ia tertarik melakukan penelitian ini karena sehari-hari siapa pun sudah pasti tidak bisa lepas dari yang namanya smartphone.

“Superkapasitor ini tentu beda dengan baterai. Baterai bekerja dengan prinsip kimia, dimana di dalam baterai itu ada semacam cairan asam yang menghasilkan panas, sehingga waktu pengisian baterai lebih lambat dibanding superkapasitor,” terangnya.

Sementara itu, superkapasitor sendiri bekerja dengan prinsip fisika. Dalam superkapasitor ini ada 2 lempengan konduktor yang dipisahkan dengan sebuah lapisan tipis isolator.

Selanjutnya penelitiannya terkait struktur nano dalam bentonit, diakuinya, sekadar penelitian coba-coba. Ia menjelaskan, oksigen ventilator itu menggunakan bahan dasar bentonit untuk memfilter udara. Ia pun mencoba-coba pasir kucing untuk menggantikan peran bentonit.




1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*