Lukas Djapri, Peneliti Belia “Superkapasitor dan Struktur Nano“ dari Tarakanita Citra Raya

Sharing for Empowerment

Suka Fisika Sejak SD

Anak semata wayang pasangan Djukarna dan Agnes Joice Rawung ini mengakui ketertarikannya pada mata pelajaran fisika dari sejak masih duduk di bangku SD (Sekolah Dasar).

“Dulu waktu kelas 4 SD sering diajak sama papa ke laboratorium di Universitas STIE Surya. Sejak itu saya mulai belajar membuat rangkaian dan semua hal yang berhubungan dengan fisika,” akunya merujuk pada ayahnya yang berprofesi sebagai dosen prodi pendidikan fisika.

Ketertarikannya dalam fisika ini lantas makin terasah saat ia menjalani pendidikan di sekolah Tarakanita. Selain karena lingkungan yang nyaman untuk belajar, ia mengaku guru-gurunya profesional dalam mendidik.

“Mereka memberikan support pada peserta didik, semisal saat saya kurang tahu tentang suatu hal, pasti akan diajari pelan-pelan sampai mengerti,” akunya.

Ia pun makin intensif dengan penelitian terkait fisika sejak naik ke kelas 8 (SMP). Waktu itu ia sangat tergelitik melihat papanya yang sedang ngembangin sebuah penelitian tentang superkapasitor.

Peserta didik di SMA Tarakanita Citra Raya Tangerang
Peserta didik di SMA Tarakanita Citra Raya Tangerang (KalderaNews/Dok. Tarakanita)

“Saya tertarik dengan itu dan memunculkan ide baru: bisa tidak sih superkapasitor itu menggantikan peran baterai dalam menyimpan energi listrik.”




1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*