5 Tips Mengerjakan Soal Ujian Biar Hasilnya Maksimal

Ujian Nasional berbasis komputer
Sejumlah siswa tengah mengerjakaan soal - soal Ujian Nasional dengan menggunakan Komputer atau Computer Based Test (CBT) ( ANTARA FOTO/Muhammad Iqba)

JAKARTA, KalderaNews.com – Siapa pun yang mengikuti ujian, baik Ujian Nasional (UN) atau Ujian Semester di kampus, tentu perlu memperhatikan tips berikut ini agar bisa maksimal dalam mengerjakannya. Pengerjaan yang maksimal tentunya akan menghasilkan nilai akhir yang lebih baik. Oleh sebab itu, perhatikan tips berikut ini:

BACA JUGA:

  1. Kerjakan dulu soal yang paling mudah
    Tujuan ujian adalah mendapatkan nilai atau skor yang maksimal. Oleh sebab itu, kerjakanlah soal atau topik yang paling mudah atau topik yang paling kamu kuasai. Dengan begitu kamu bakal mendulang nilai atau skor yang bagus. Jangan terpancing untuk menjawan secara berurutan. Pilih soal yang paling mudah. Jika mendapati soal yang menurutmu sulit, segera tinggalkandan beralih ke soal berikutnya. Jika waktu mencukupi dan kamu sudah menjawab soal-soal yang mudah, silakan kembali lagi ke soal yang sulit tersebut.
  2. Tinggalkan soal yang sulit
    Dalam mengerjakan soal jangan terlalu lama berkutat di satu soal yang sulit dan kamu merasa mentok. Ini sama saja kamu membuang-buang waktu. So, jangan kelamaan berpikir di situ dan segera tinggalin dan beralih ke soal lain dulu.
  3. Buat target waktu pengerjaan ujian
    Membuat target waktu pengerjaan sangat penting supaya kamu tetap aware dengan waktu yang terbatas. Biasanya di tiap soal sudah ada batas waktu pengerjaan. So, bagi rata waktu yang ada dan sekali lagi kerjakan soal-soal yang mudah terlebih dahulu.
  4. Kembali ke soal yang sulit
    Usahakan kamu punya sedikit spare waktu untuk kembali ke soal yang dilewati/gak sempet dikerjain. Oleh sebab itu, alokasi waktu yang baik tentunya sangat memungkinkan kamu kembali ke soal-soal yang sulit atau belum sempat dikerjakan.
  5. Jangan asal tebak pada ujian yang kasih nilai minus untuk jawaban yang salah
    Untuk ujian jenis ini. Jangan kepedean dan merasa yakin jawabannya benar. Oleh sebab itu, jawablah soal-soal yang kamu rasa 100% benar supaya tidak minus. (JS)

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat, dan teman-temanmu

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*