Inilah 5 Universitas Swasta di Jogja dengan Akreditasi A, Kamu Pilih yang Mana?




Ilustrasi: Mahasiswa Universitas Sanata Dharma Yogyakarta. (KalderaNews.com/Ist.)
Ilustrasi: Mahasiswa Universitas Sanata Dharma Yogyakarta. (KalderaNews.com/Ist.)

YOGYAKARTA, KalderaNews.com – Kota Yogyakarta dikenal memiliki universitas-universitas baik negeri atau swasta terbaik. Bagi kamu yang tidak lolos SBMPTN 2021, kuliah di Perguruan Tinggi Swasta (PTS) bisa menjadi salah pilihan.

Jangan salah, beberapa PTS bahkan ada yang peringkatnya lebih tinggi dari kampus-kampus negeri.

BACA JUGA:

Saat ini, di Yogyakarta, ada banyak universitas swasta. Nah, berikut ini 5 PTS di Yogyakarta yang memiliki kualitas dan telah memperoleh akreditasi A dari BAN-PT.

Universitas Sanata Dharma (USD)

Universitas Sanata Dharma. (KalderaNews.com/Ist.)

Universitas Sanata Dharma adalah universitas Katolik yang berlokasi di Yogyakarta. Dikenal juga dengan sebutan USD dan Sadhar. Sanata Dharma berarti “kebaktian yang sebenarnya” atau “pelayanan yang nyata”.

Universitas Sanata Dharma sekarang memiliki 8 fakultas dengan 26 Program Studi Sarjana S1, 8 Program Magister (S2), 1 Program Profesi, dan 3 Program Kursus Bersertifikat.

Universitas Islam Indonesia (UII)

Kampus Universitas Islam Indonesia. (KalderaNews.com/Ist.)

Universitas Islam Indonesia (UII) ini terletak di kawasan Sleman. Kampusnya berjarak sekitar 20 kilometer saja dari puncak Gunung Merapi. Bukan hanya lokasi, tapi hari lahir UII juga terbilang unik.

Sejarah berdirinya kampus ini dimulai sebelum kemerdekaan Indonesia, tepatnya pada 8 Juli 1945. Ada banyak tokoh bangsa yang terlibat saat didirikannya kampus swasta ini, salah satunya Mohamad Hatta.

Kampus in menawarkan program sarjana, pasca sarjana, dan diploma/ vokasi. Program D3-nya, yaitu Akuntansi, Analisis Kimia, Manajemen, serta Perbankan dan Keuangan. Sedangkan program S1 yang ditawarkannya jauh lebih banyak.

Sarjana-sarjana yang lulus dari universitas swasta ini berasal dari Jurusan Akuntansi, Arsitektur, Ekonomi Pembangunan, Ekonomi Islam, Farmasi, Hubungan Internasional, Hukum, Hukum Keluarga, Ilmu Komunikasi, Kedokteran, Komputer, Manajemen, Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Kimia, Psikologi, Kimia, Statistika, Teknik Elektro, Teknik Industri, Teknik Kimia, Teknik Lingkungan, Teknik Mesin, Teknik Sipil, dan Rekayasa Tekstil.

Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY)

Kampus Universitas Atma Jaya Yogyakarta (KalderaNews.com/Ist.)

Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) lokasinya berada di wilayah Sleman. UAJY berdiri pada 27 September 1963 di bawah Yayasan Slamet Rijadi.

Sebagai salah satu universitas swasta terbaik di Yogyakarta, kampus ini menawarkan jurusan Teknik Industri, Informatika, Biologi, Ilmu Komunikasi, Sosiologi, Ekonomi Pembangunan, Arsitektur, Teknik Sipil, Manajemen, Akuntansi, Hukum, dan Sistem Informasi.

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY)

Kampus Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (KalderaNews.com/Ist.)

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) berdiri pada 1 Maret 1981. Kini UMY telah memiliki delapan fakultas. Untuk mahasiwa kampus ini juga disediakan banyak beasiswa.

Universitas swasta di Yogyakarta ini memiliki jurusan diantaranya Ekonomi, Akuntansi, Manajemen, Syariah Economics, Pendidikan Agama Islam, Komunikasi dan Penyiaran Islam, Ilmu Hukum, Teknologi Informasi, Teknik Mesin, Teknik Elektro, Teknik Sipil, Agroteknologi, Agribisnis, Pendidikan Bahasa Jepang, Pendidikan Bahasa Arab, Pendidikan Bahasa Inggris, Ilmu Pemerintahan, Ilmu Komunikasi, Hubungan Internasional, Farmasi, Keperawatan, Kedokteran Gigi, dan Kedokteran.

Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW)

Kampus Universitas Kristen Duta Wacana Yogyakarta (KalderaNews.com/Ist.)

Awalnya, perguruan tinggi swasta di Yogyakarta ini hanya merupakan Sekolah Tinggi Theologia Duta Wacana. Lembaga ini berubah menjadi universitas swasta sejak 31 Oktober 1985 dengan nama Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW).

Saat ini ada tujuh fakultas di UKDW. Dan seluruh jurusan Sarjana pada fakultas-fakultas tersebut yaitu Teologi, Arsitektur, Desain Produk, Biologi, Manajemen, Akuntansi, Informatika, Sistem Informasi, Kedokteran, dan Pendidikan Bahasa Inggris.

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu!




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*