Berbagi Tip Kesehatan Mental, Atikoh Ngaku Banyak Belajar Setelah Jadi Istri Ganjar Pranowo




Atikoh Ganjar Pranowo
Penasihat Dharma Wanita Persatuan (DWP) Jawa Tengah sekaligus istri Gubernur Jawa Tengah, Atikoh Ganjar Pranowo (KalderaNews/Pemprov Jateng)

SEMARANG, KalderaNews.com – Penasihat Dharma Wanita Persatuan (DWP) Jawa Tengah sekaligus istri Gubernur Jawa Tengah, Atikoh Ganjar Pranowo berbagi tip soal menjaga kesehatan mental di lingkup keluarga.

Istri orang nomor satu di Jateng itu menegaskan kesehatan mental tak kalah penting dengan kesehatan fisik. Sayangnya, masyarakat belum terlalu concern akan kesehatan mental.

Apalagi, ada anggapan negatif pada mereka yang memeriksakan diri ke ahli jiwa. Padahal ketika tidak segera ditangani, permasalahan kejiwaan bisa menjadi bom waktu yang akan berpengaruh pada kehidupan berkeluarga.

BACA JUGA:

Atikoh bercerita tentang dirinya yang pernah mengalami serangan panik (panic attack) saat masih muda, terutama sewaktu jadwal yang disusun tidak sesuai rencana. Namun, dengan support keluarga dan menekuni hobi, hal itu lambat laun menghilang.

“Latihannya pas waktu jadi istrinya Mas Ganjar. Sejak menikah kesibukannya itu luar biasa. Kadang ada kegiatan esok, sekarang baru memberi tahu. Awalnya itu butuh perjuangan,” akunya seperti dikutip dari situs resmi Pemprov Jateng.

Di samping itu, Atikoh mengaku hobi berlari dan bersepeda juga turut menghilangkan serangan panik. Sebab, dengan menjalani hobi, ia merasa mempunyai waktu untuk berkomunikasi dengan diri sendiri.

“Yang hobi bertanam juga bisa. Bukan berarti ngomong sendiri, tapi ketika tanaman berbunga ada kesenangan sendiri. Itu adalah sesutu yang tak bisa dibeli,” ungkap Atikoh.

Ditambahkan, warga juga bisa melakukan periksa pribadi atau self assessment. Ketika ada gangguan mental, biasanya berpengaruh pada pola hidup yang berantakan. Untuk itu, ia menyarankan agar tak perlu takut untuk melakukan konseling kesehatan jiwa.

“Dengan konsultasi, kita jadi tahu akar permasalahan yang menimbulkan permasalahan jiwa. Dan jangan lupa untuk bahagia,” tandas Atikoh.

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*